Thursday, August 25, 2016

Instagram Untuk Memaksimalkan Penjualan

Tips Kreatif Berjualan dengan Memanfaatkan Instagram

Hasil gambar untuk instagram

Hello Sahabat Blogger, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang memanfaatkan Instagram untuk memaksimalkan penjualan barang jualan kita. Okeh, tanpa panjang lebar lagi mari kita bahas. Lets Go..

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan Instagram, yaitu sebagai media untuk membuat foto dan mengirimkannya dalam waktu yang sangat cepat. Tujuan tersebut sangat dimungkinkan oleh teknologi internet yang menjadi basis aktivitas dari media sosial ini.

Berikut merupakan sejumlah cara sederhana namun kreatif yang bisa Anda lakukan untuk menggenjot kemajuan bisnis melalui Instagram.

1.      Tunjukkan produk Anda Setiap orang menyukai melihat-lihat produk jadi buatlah pengikut Instagram Anda bisa dengan leluasa melihat-lihat produk yang Anda jual di Instagram. Pamerkan dalam sebuah koleksi foto berisi foto produk dan bagikan dengan tagar (hashtag) khusus dan libatkan para pengikut Anda dengan menanyakan pada mereka apakah mereka tertarik dengan produk tersebut.

2.      Tunjukkan cara pembuatan produk Buatlah para pengikut mengetahui seluk beluk pembuatan produk yang Anda tawarkan. Unggah foto-foto yang menunjukkan proses produksi, pengemasan, pengiriman dan sebagainya dari sudut pandang yang artistik dan menarik atau jenaka. Anda bisa gunakan aplikasi edit foto atau pembuat kolase (kumpulan foto yang dijadikan satu bingkai) untuk mendemonstrasikan cara pembuatan dan sebagainya.

3.      Tunjukkan apa yang di balik layar Sebelum meluncurkan produk atau layanan baru, cobalah berikan sedikit ?sneek peek? untuk para pengikut Instagram Anda. Unggahlah foto-foto yang menunjukkan hiruk pikuk perusahaan Anda yang hanya bisa disaksikan oleh orang dalam tetapi memberi kesan menarik dan spontan.

4.      Tunjukkan apa yang bisa dilakukan produk Anda Kadang imajinasi bisa digunakan untuk memancing ketertarikan calon konsumen terhadap produk Anda. Gunakan Instagram untuk menciptakan permintaan dengan membantu konsumen membayangkan manfaat baru dan kemudahan yang sebelumnya belum pernah mereka nikmati yang Anda tawarkan untuk mereka. Ini juga peluang emas untuk mengundang konten dari inisiatif konsumen sendiri. Mintalah konsumen mengunggah foto-foto mereka yang sedang menggunakan produk atau layanan Anda dan pilihlah foto terbaik untuk diunggah kembali atau diberikan apresiasi. Jika perusahaan Anda memberikan layanan seperti desain rambut atau makeup, atau penataan lansekap taman, dan sebagainya, tunjukkan foto subjek menarik tersebut kepada pengikut Instagram dalam dua bagian: sebelum dan sesudah menggunakan produk atau layanan Anda. Perbandingan ini akan menambah keterpukauan konsumen terhadap produk/ layanan. Dan akhirnya akan ada makin banyak pengikut Instagram tertarik menjadi konsumen setia Anda. Peritel kosmetik seperti Sephora menggunakan Instagram untuk menyuguhkan produk mereka yang tidak lazim yang sebagian besar konsumen umum tidak miliki. Mereka tak segan memberikan ide yang lebih baik untuk konsumen mengenai cara tampil lebih memukau.

5.      Tunjukkan tempat kerja Orang yang mengikuti brand favoritnya di jejaring sosial mungkin bertanya bagaimana rasanya bekerja di perusahaan yang ia kagumi. Jangan sia-siakan harapan itu. Unggahlah beberapa foto tentang bagaimana keadaan kantor perusahaan Anda. Pastikan semangat positif, sisi manusiawi dan etos kerja perusahaan tercermin dalam foto-foto tersebut.

6.      Umumkan kegiatan perusahaan di lapangan Perusahaan Anda mengikuti sebuah event pameran atau menjadi sponsor dalam kegiatan/ program tertentu? Jangan ragu untuk mengunggah detil kegiatannya ke Instagram. Dengan memberitahukan bahwa perusahaan Anda sedang berada di lapangan, Anda menarik para pengikut untuk berinteraksi lebih intens dengan brand bisnis Anda.

7.      Perkenalkan karyawan Anda Brand di jejaring sosial tak perlu terlalu kaku. Ada saatnya Anda perlu memolesnya agar terkesan lebih hangat dan komunikatif. Perkenalkan karyawan Anda kepada fans di Instagram sehingga akan tercipta kedekatan yang lebih baik

8.   Bagikan opini selebritas tentang brand bisnis Anda Tak ada yang tidak antusias saat seorang selebritas memberikan pernyataan tentang sesuatu. Anda bisa mengunggah foto yang menunjukkan momen saat selebritas menggunakan, atau berinteraksi dengan brand Anda seperti mengunjungi kantor Anda, berbicara dengan perwakilan brand, dan sebagainya.

9.      Bagikan momen lucu Jika Anda menyaksikan sebuah peristiwa atau hal lucu atau mengundang gelak tawa atau senyum tentang brand Anda, cobalah untuk mengunggahnya ke Instagram.

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memaksimalkan penjualan dengan media social Instagram. Sekian yang dapat saya informasikan dalam artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya khususnya bagi yang melakukan penjualan barang di media social atau di toko online.  Apabila ada masukan atau tambahan silahkan tuliskan dalam kolam komentar.

Untuk yang tidak sempat berbelanja di mall atau yang mau Dropshipper, saya Menerima Jasa  Personal Shopper atau Jasa Titip Beli. Silahkan hubungi saya.
Whatsapp/Line: 083870266767
Bbm: 5AB6141A
Instagram: @tokonyaoriginal
Cara pemesanan lebih lengkap di website saya: http://tokonyaoriginal.blogspot.com
Terimakasih. Wassalamualaikum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment