Monday, August 29, 2016

Mengembangkan Karir Di Era Millenium

Strategi Mengembangkan Karir Di Era Millenium

Hello Sahabat Blogger, dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana strategi jitu mengembangkan karir di era millennium. Sebenarnya banyak cara yang dapat kita tempuh untuk mencoba mengembangkan karir di era millennium. Tetapi, disini saya akan merangkumnya lebih singkat dan akan lebih mudah untuk kitacoba. Okeh, tanpa panjang lebar mari langsung kita bahas saja. Lets Go.

Hidup di era millenium sudah serba canggih dengan adanya teknologi yang semakin hari selalu ada pembaharuan dan terus berkembang. Begitu pula dengan para millenial yang pola pikir dan kerjanya juga cukup berbeda dengan generasi sebelumnya. Para millenial dinilai lebih kreatif, mudah belajar, dan paham teknologi, millenial juga dikenal lebih mementingkan diri sendiri dari pada perusahaan serta ingin diakui keberhasilannya oleh lingkungan. Tak sedikit pula yang menganggap sifatnya lebih malas dan merasa bosan.

Di era millenium cenderung membuat kita jadi narsis dan ingin memamerkan prestasi, aktivitas keseharian kita di jejaring sosial. Tentunya karakter para pekerja millenial dapat mempengaruhi kesuksesan karirnya loh. Yuk langsung saja kita bahas strategi karir yang akan membuat para millenial lebih berkembang, diantaranya:
Baca Juga Artikel:
1. Cara Sukses Menjadi Pebisnis Online
2. Strategi Pemasaran Di Era Digital
3. Tips Promosi Di Media Sosial Untuk Meningkatkan Omset Penjualan

1. Pilih Satu Fokus Keilmuan
Saya sarankan agar kalian para millenial untuk fokus pada satu bidang keilmuan. Mereka dianjurkan untuk mengembangkan area tersebut secara mendalam sehingga bisa menjadi ahli. Jika bisa, pilih bidang yang sulit atau tidak banyak diambil orang agar ‘nilai’ kamu jadi lebih tinggi.

2. Bergabung dalam Komunitas
Sebaiknya para millenial bergabung dalam komunitas baik itu komunitas sosial, hobi, musik yang dapat menambah jejaring kalian. Namun pastikan dahulu jika komunitas tersebut bisa mencerminkan diri terkait kemampuan atau hobi kalian. Setelah masuk dalam komunitas, alangkah baiknya berpartisipasi secara aktif di komunitas tersebut.

3. Tampilkan Pencapaian Kerja
Nah kalau kalian bukan orang yang narsis, demi kepentingan karir diperlukan sedikit lebih membuka diri. Kalian mulai menampakkan pencapaian-pencapaian kerja, misalnya dengan memasukkan setiap keberhasilan kerja kalian dalam situs jejaring sosial profesional LinkedIn. Dengan begitu, diharapkan ada headhunters yang bisa melirik dan menawarkan profesi yang lebih baik dari sekarang.

4. Berbagi dalam Forum
Selain mengekspos keberhasilan karir di media sosial, coba untuk bergabung di forum-forum terkait keahlian. Bagi ilmu dan kemampuan yang kalian punya di sana agar lebih banyak informasi, dikenal, dan punya portfolio yang menarik. Diharapkan bagi para millenial bisa mendapat lebih banyak koneksi kerja yang dapat membantu kalian jika diperlukan.

5. Aktif Secara Positif Di Media Sosial
Pastikan jika kalian aktif dalam media sosial secara positif. Manfaatkan sebaik mungkin media sosial yang bisa mengembangkan diri dan karir kalian. Bisa dengan cara berbagi pengetahuan atau konten menarik tentang bidang karir. Hindari memberikan informasi yang terlalu luas dan fokuslah pada keahlian kalian ya.

6. Aktif Jejaring Sosial Profesional
Nah jejaring sosial LinkedIn dipergunakan sebaik mungkin karena paraheadhunters akan melihat profil kalian, maka tulis informasi perkembangan karir kalian yang sangat lengkap di profil. Di LinkedIn, kalian pun dapat berbagi testimonial sehingga kemampuan dalam bekerja lebih terlihat meyakinkan. Kemudian pastikan jika foto yang digunakan dalam profil mewakili profesi yang sedang dijalankan. Beri tahu perjalanan karir, achievement atau proyek yang pernah dilakukan.

Dengan begitu, tanpa interview orang bisa langsung mengetahui kredibilitas kamu. Lalu perbanyak testimonial, caranya isi terlebih dahulu testimonial orang yang pernah proyek bersama dan kalau bisa rekan kerja yang tidak sekantor.

Baca Juga Artikel Islami:
Sakit Yang Mendapatkan Pahala

Sekian yang dapat saya tuliskan dalam artikel kali ini tentang bagaimana mengembangkan karir di era millenium. Semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya khususnya bagi pemula seperti saya yang ingin mengembangkan karir di era millenium. Apabila ada masukan atau tambahan silahkan tuliskan dikolam komentar. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan dalam suatu kata atau kalimat karena saya juga manusia. Follow=Follback. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment